Jumat, 23 April 2010

Kategori Kelangkaan Akibat Perdagangan Menurut CITES

Kategori Kelangkaan Akibat Perdagangan Menurut CITES
1. Appendix I
Adalah semua Jenis hidupan liar yang terancam (threatned) dari kepunahan (extinction) yang dapat atau kemungkinan dapat disebabkan oleh adanya tindakan perdagangan internasional. Penjualan dari jenis hidupan liar dalam kategori ini hanya dapat dilakukan melalui proses pengaturan / kajian yang sangat ketat dengan maksud tidak menambah tingkat tekanan terhadap daya kemampuan hidupnya (survival) dan hanya bisa dilakukan dengan alasan yang sangat kuat.

2. Appendix II
Adalah (a) semua jenis hidupan liar walau tidak dalam kondisi terancam dari kepunahan, tetapi dapat menjadi terancam, terkecuali perdagangan terhadap hidupan liar tersebut dikenai suatu peraturan yang ketat dalam rangka menghindari pemanfaatan yang tidak sepadan dengan daya kemampuan hidupnya, (b) atau hidupan liar lainnya yang pelu dikenai pengaturan dengan maksud bahwa perdagangan hidupan liar tersebut sesuai dengan paragraph (a) dapat dilakukan pengontrolan secara efektif.

3. Appendix III
Adalah semua hidupan liar dimana semua pihak telah mengidentifikasinya sebagai bahan perdagangan yang dapat diterapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku di masing-masing wilayahnya, dengan maksud mencegah atau membatasi eksploitasi lewat kerjasama dengan semua pihak terkait dalam pengawasan perdagangan.

Dalam pelaksanaannya, untuk semua jenis hidupan liar dalam kelompok Appendix I dan II, diperdagangkan lewat penetapan jumlah yang boleh diperjual belikan (kuota) dan diawasi secara bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar